Sabtu, 16 April 2011

Hidup Sehat Dengan Bayam Merah


Sayuran bayam tentu tak asing lagi buat kita. Namun bagaimana dengan bayam merah ? Mungkin tak terlalu sering kita gunakan. Padahal bayam merah tak kalah unggul disbanding si bayam ijo loooch. Warna merahnya menunjukkan kalau sayuran ini kaya dengan zat antikanker dan flavonoid.
Warna merah pada sayur bayam menunjukkan jika sayur ini memiliki kandungan flavonoid, antosianin, dan likopen. Ketiganya punya manfaat sangat hebat bagi tubuh. Selain sebagai zat yang dapat menangkal zat radikal bebas (antikanker), bayam merah juga punya kemampuan meredakan peradangan, dan mencegah infeksi.

Secara umum, sayur bayam merah mempunyai kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amaratin, purin dan vitamin A, B, dan C. Dengan kandungan selengkap ini, sayur bayam punya beberapa manfaat khusus.

Kandungan seratnya yang cukup tinggi menempatkan sayur bayam merah sebagai sayuran yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan memberikan efek kenyang lebih lama. Jadi bayam merah bisa membantu penderita gangguan usus besar, kencing manis, kolesterol tinggi dan berdiet.
Bayam merah juga punya kandungan zat besi cuckup tinggi. Inilah mengapa bayam merah sering dianjurkan bagi penderita anemia yang kekurangan zat besi. 






2 komentar:

  1. matur suwun sanget buat mbak puspita... q udah nyari artikelbayam merah, tapi ru ktemu dsini thanks,,,

    BalasHapus
  2. iya sama-sama..
    semoga bermanfaat ya :) . makasih banget looch udah di baca :)

    BalasHapus