Jumat, 29 April 2011

J-Culture : O-Hanami

O- Hanami

Apa itu O-Hanami ?????

Hanami atau festival bunga sakura bagi orang Jepang merupakan event  yang sangat dinanti. Berasal dari kata hana-Bunga dan mi-melihat, festival ini dirayakan setiap akhir bulan maret dan awal bulan April. Keindahan bunga sakura yang bermekaran merupakan kebanggaan sendiri bagi orang jepang, bahkan orang – orang jepang menganggap bunga sakura adalah bagian dari jiwa mereka. Karena itu, mekarnya bunga sakura menjadi moment yang sangat spesial.

Ini nih sejarah dari O-hanami :::

Dimulai dari periode Nara (710-784) yang sebenarnya datang dari kebudayaan china, awalnya yang mereka kagumi bukan bunga sakura tapi lebih ke bunga Ume. Tapi saat periode Heian, sakura mulai menarik perhatian orang – orang jepang. Mulai dari situ, O-Hanami mulai rutin dilakukan dijepang setiap tahun. Kesempatan ini juga digunakan orang jepang untuk berdoa di kuil atau berdoa di bawah bunga sakura. Orang – orang jepang percaya bahwa ada dewa di pohon sakura dan membuat permohonan melalui akar dari pohon sakura. Pada periode Heian, hanya orang bangsawan yang merayakan O-Hanami, dan pada periode Edo, O-Hanami mulai masuk ke kalangan samurai dan rakyat biasa. Sedangkan dijaman modern ini O-Hanami lebih ke acara pribadi dan merupakan kesempatan untuk berkumpul dan bersenang – senang


O-Hanami jaman sekarang seperti apa ya ????

Umumnya beribu – ribu orang berkumpul secara berkelompok untuk berpiknik dengan membawa makanan yang spesial dan minuman sake. Perayaan O-Hanami sudah dimulai dari siang hari dan terus beranjak sampai ke malam hari. Sayangnya bunga – bunga sakura bermekaran tidak bisa bertahan lama. Bunga sakura hanya dapat bermekaran hanya dalam waktu 7-10 hari. Setelah itu bunga – bunga sakura berguguran dan berganti menjadi warna kehijauan. Ribuan helaian bunga sakura berguguran terlihat seperti salju yang menutupi permukaan tanah angin musim semi yang sering menerbangkan helaian bunga sakura ini semakin menambah indah pemandangan orang jepang sering menyebutnya dengan Hanafubuki atau badai salju sakura .




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar