Sabtu, 16 April 2011

Berhati-hatilah Saat Melintasi Rel


Tragedi kendaraan tertabrak kereta api di lintasan rel sudah kerap kali terjadi di negeri ini. Banyak factor yang menyebabkan hal itu, dan salah satu nya adalah gara-gara mobil mogok.

Mobil mogok saat melintasi rel seringkali terjadi apalbila mobil tersebut berbahan bakar bensin. Kendaraan berbahan bakar bensin mempunyai resiko tinggi mengalami mogok mendadak saat tepat di atas rel. Seorang peniliti mengatakan bahwa salah satu penyebab mogoknya kandaraan di atas rel adalah adanya medan magnet yang di keluarkan roda kereta api mengalir melalui rel nya. Roda kereta api dari baja berjenis ferritic, mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Karena perputaran roda yang sangat cepat dan tinggi, medan magnet akan maju lebih dahulu dapat mencapai 600 meter ke depan. Kendaraan yang rawan mogok adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan yang berbahan bakar solar tidak berpengaruh. Kendaraan berbahan bakar bensin  menggunakan platina dan CDL. Jika terkena medan magnet, maka pengapiannya akan terpengaruh sehingga mesin bisa mati. Selain itu kekuatan akinya masih 12 Volt, berbeda dengan kendraan yang menggunakan solar, selain akinya di atas 12 volt juga tidak menggunakan platina.  

so, berhati-hatilah saat melintasi rel. dan apabila pintu rel sudah ditutup, jangan coba-coba untuk menerobosnya,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar