Kamis, 21 April 2011

Atasi Anemia Dengan Jamur


Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang diakibatkan kekurangan zat besi dalam tubuh sehingga menyebabkan sel darah merah berada di bawah batas normal. Gejala yang timbul biasanya berupa rasa lelah yang selalu mendera tubuh. Kondisi ini juga biasanya dibarengi dengan rasa ngilu, pusing kepala, rasa mual, berkurangnya nafsu makan, hingga berujung pada anemia. Pada wanita hamil, kasus ini harus dihindari agar tak mengganggu kesehatan janin dan ibu yang mengandung.. Kebutuhan zat besi pada pria dewasa berkisar antara 40-50 mg/kg berat badan dan untuk wanita angara 35-50 mg/kg berat badan.

Di dalam tubuh, zat besi memiliki peran yang sangat penting. Salah satu fungsi utamanya adalah transportasi utama dalam pendistribusian oksigen ke seluruh tubuh sehingga bisa menjalankan fungsinya secara normal. Jadi, keberadaan zat besi dalam tubuh sangat penting bagi peredaran oksigen. Selain itu zat besi berperan dalam produksi hemoglobin dan menyokong system kekebalan tubuh. Jadi jika kekurangan zat besi maka resiko terserang penyakit menjadi besar….

Agar terhindar kekurangan zat besi biasanya penderita anemia disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging tanpa lemak, kerang, hati, telur, tiram, unggas dan ikan-ikanan….

Sementara sumber nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, kentang, nasi gandung, sayuran hijau dan jamur…Pilihan kedua bisa diambil bagi anda yang enggan memperoleh protein berbahan hewani, khususnya jamur tiram dan jamur merang.

Jamur tiram adalah bahan makanan kaya protein, vitamin, mineral, dan serat. Selain itu juga rendah karbohidrat, dan lemak. Apalagi jamur tiram sangat kaya folat yang dapat menangkal anemia, sekaligus punya khasiat sebagai penurun kolesterol, antibiotic, dan antikanker. Kandungan yang sama juga dimiliki jamur merang, bahkan jamur ini punya kandungan eritadenin yang berfungsi sebagai penawar racun…. Jadi agar terhindar dari anemia, cobalah masukkan kedua jenis jamur ini ke dalam menu harian anda, Selain menyehatkan, jamur juga bisa dijadikan makanan enak loooooch….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar