Sabtu, 16 April 2011

Tangkal Batuk Dengan Jahe


Jahe memang lebih dikenal sebagai bumbu yang dapat mengharumkan masakanatau menghilangkan bau amis ayam, ikan, atau daging. Jahe juga sebenarnya bisa difungsikan lebih jauh lagi. Bahkan juga bagi kesehatan.

Jahe harus selalu ada di keranjang bumbu dapur Anda. Rimpang beruas-ruas mirip jari ini punya segudang khasiat bagi kesehatan. Setidaknya sebagai pertolongan pertama sebelum Anda berumpa dokter.

Jahe yang mengandung zingibarene, gingerol, dan shogaol ini sudah ribuan tahun dijadikan obat oleh orang Cina, orang India, bahkan juga dipakai dalam pengobatan Barat. NASA misalnya, memakai jahe sebagai ramuan antimabuk dalam perjalanan menuju angkasa.

Banyak khasiat yang bisa kita ambil dari jahe. Meredakan batuk dan pilek, Cuma salah satu khasiat.  Manfaat lainnya, jahe juga bisa meredakan gejala sesak nafas pada penderita asma.
Jahe juga dipakai untuk mengurangi rasa mual. Bahkan ekstrak aseton dan methanol yang ada di jahe mampu menghambat terjadinya tukak lambung.

Bagaimana cara menyantap jahe untuk kesehatan ? Kita bisa mengkonsumsi ekstraknya atau air rebusannya. Memarkan, iris tipis, atau paraut jahe, dan rebus di dalam air. Biarkan sampai air terasa pedas dan  beraroma. Saring dan minum airnya.

Kalau mau lebih enak, minum saja minuman jahe seperti bandrek atau teh jahe. Saran lain, kudaplah manisan jahe yang sering disajikan bersama sushi. Wah, nikmat abis. Tak terasa seperti sedang makan obat  

Teh Jahe Yang Bisa Melegakan Tenggorokan Anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar