Kamis, 21 April 2011

Hindari Asma Dengan Perbanyak Konsumsi Omega3 dan Magnesium

Penyakit asma (Asthma bronchiale) merupakan gangguan kesehatan pada saluran pernafasan yang cukup mendunia…. Asma terjadi akibat inflamasi (peradangan) pada saluran pernafasan..Gejala yang timbul akibat serangan asma berupa batuk, nafas berdenging, hingga kesulitan bernafas yang ringan bahkan fatal..

Dalam dunia medis, umumnya asma dibagi 2, yaitu asma ekstrinsik dan asma intrinsic..Pada ama ekstrinsik, serangan asma disebabkan oleh alergi yang disebabkan oleh factor dari luar yang menyebabkan alergi.. Misalnya debu, serbuk bunga, jamur, hewan peliharaan, cuaca dingin, infeksi saluran nafas, alergi obat, atau mencium aroma kimiawi tertentu. Sementara intrinsic berasal dari virus, sters, atau kondisi emosional yang kurang terkontrol…..Keduanya tentu harus ditangani dengan metode yang berbeda.Pada asma yang disebabkan oleh allergen, penderita cukup di jauhkan dari allergen. Sementara yang intrinsic, harus melalui penanganan yang serius atau menggunakan obat.

Agar serangan asma tidak terlalu sering, perlu dilakukan pencegahan.Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak Omega 3. Hasilnya angka prevalensi atau kejadian penyakit asma cukup rendah. Penderita asma disarankan menyantap lebih banyak Omega 3 ketimbang Omega 6. Jadi ikan-ikan laut seperti salmon dan tuna sangat dianjurkan karena kaya akan Omega 3…

Selain itu konsumsi Magnesium juga baik bagi penderita asma karena memiliki kemampuan merelaksasi otot polos pada tubuh manusia, termasuk otot polos pada saluran pernafasan… Magnesium bekerja berbanding terbalik dengan Sodium yang dapat meningkatkan sensitivitas saluran nafas terhadap allergen. Jadi pengidap asma sebaiknya mengurangi makanan yang banyak mengandung sodium atau garam.

Magnesium banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti buncis, sawi, atau garam. Jadi kombinasi makanan yang kaya akan Omega 3 dan magnesium merupakan salah satu cara meredam serangan asma yang cukup baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar